Batik Ijen Tamanan

Tamanan bukan sekedar desa dengan sumber daya alam yang melimpah. Budaya serta adat istiadatnya pun masih kental terasa. Tak hanya Kesenian Musik Tong-Tong, Tamanan juga menyimpan sejuta kekayaan yang menggugah. Pagi ini, tim KKN208 Universitas Jember melakukan kunjungan ke salah satu rumah indutsri pembuatan batik yang tersohor di Kecamatan Tamanan. Aroma lilin  hangat menyeruak kedalam indera. Lelehan lilin menetes indah membentuk alur-alur gambar dan aksara. Para pekerja wanita dengan lihai memainkan cantingnya, memoles hingga memberi warna dan jadilah sebuah batik yang menawan. Dengan bangga kami persembahkan, Batik Ijen Tamanan, khas Desa Tamanan.

Didirikan sejak tahun 2017 oleh Andre dan kawan-kawan. Bermula dari pengalaman bekerja di tempat orang, hingga muncul sebuah ide untuk membuka griya membatik sendiri. Selain membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar, Batik Ijen Tamanan ini pun telah menjadi ikonik kebanggaan Desa Tamanan. Batik ini pernah dipesan oleh Kemenpora untuk seragam ASEAN GAMES 2018.

Batik  Ijen Tamanan di produksi disebuah rumah sederhana yang berada di Desa Kemirian. Meskipun demikian, Batik Ijen Tamanan tetap menjadi produk kebanggaan milik Desa Tamanan. Dengan harga bekisar Rp 115.000,00 – Rp 550.000,00 Anda sudah dapat membawa kain batik yang begitu indah. Harga dibandrol tergantung dengan motif dan kerumitan dalam proses pembuatannya, semakin rumit maka akan mematok harga semakin mahal. Dalam sehari, mereka dapat memproduksi batik tulis setengah kain dan sepuluh kain batik cap. Jenis batik yang diproduksi pun beragam, mulai dari batik tulis, batik cap, batik abstrak, dan batik seni dengan warna dan corak yang tentu saja tak kalah indah dari batik-batik dari Solo dan Lamongan.

Jika Anda tertarik dengan batik ini, silahkan hubungi narahubung yang tersedia dibawah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.[red : kkn208unej]

 

Narahubung Batik Ijen Tamanan : 085-336-066-464

Facebook : IJEN BATIK

Instagram : Andriesneijder

Dusun Silowogo RT08/RW03

 

 

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*