BUMDES DESA TAMANAN

Sejarah BUMDesa Sejahtera

Berawal dari terbentuknya PNPM Mandiri Perdesaan di awal tahun 1997 masyarakat sudah terlibat dalam kegiatan musyawarah perencanaan program Pembangunan Infastruktur Pedesaan dalam setiap tahapan-tahapan penyusunan Program Pembangunan Desa, di dalamnya juga ada SPP bagi Ibu-ibu pengajian di masing-masing Dusun yang ada di Desa Tamanan. Kegiatan ini berjalan cukup baik dan sangat menunjang kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik di Desa Tamanan, namun di awal tahun 2016 PNPM Mandiri Perdesaan sudah mulai di hapus oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dengan berbagai macam pertimbangan. Namun masyarakat masih sangat membutuhkan adanya PNPM Mandiri Perdesaan, karena mekanisme dalam setiap kegiatan sangat melibatkan unsur masyarakat Desa.

Sehingga di awal tahun 2015 Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali memberikan angin segar kepada Pemerintah Desa, untuk kembali membentuk BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa) yang di harapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Sehingga di tahun 2016 terbentuklah BUMDesa Tamanan dengan nama : BUMDesa Sejahtera, melalui proses pembentukan melalui rapat dengan persetujuan Lembaga BPD Desa Tamanan Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso.

 

VISI dan MISI BUMDesa Sejahtera

Visi BUMDesa Sejahtera Desa Tamanan, “Meningkatkan Taraf Perekonomian Masyarakat Desa Tamanan”.

Misi BUMDesa Sejahtera Desa Tamanan adalah:

  1. Untuk memberikan kemudahan dari segala kebutuhan masyarakat petani;
  2. Untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa Tamanan;
  3. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pemuda Desa Tamanan yang masih belum memiliki pekerjaan.

 

BUMDesa Sejahtera Desa Tamanan, memiliki jenis Usaha antara lain:

  1. Peternakan Ayam Petelur sebanyak 4000 ekor, terdiri dari 6 unit kandang;
  2. Kios pertanian yang menyediakan keperluan petani;
  3. Persewaan Hand Traktor;
  4. Mesin Cetak Paving Stone secara manual;
  5. Pembayaran Token Listrik dan PBB.

 

Struktur Organisasi BUMDesa Sejahtera

Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang akan datang. Jika kalian memiliki info unik seputar Desa Tamanan, silahkan hubungi admin atau direct message ke akun instagram kami @exploretamana

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*