Batik ESEMKA

 

Yuhuuuu…

Selamat pagi gengs, masih semangat nih dengan suasana kemerdekaan. Kali ini kami akan mengulas tentang keanekaragaman Indonesia nih. Kalian pasti sudah tahu kan beberapa kearifan budaya di Indonesia, yap kalian pasti tau Batik itu apa kan? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Batik Esemka, marilah sejenak mengulik tentang sejarahnya dulu yuk kawan.

Pada tahun 2004 Bapak Suyitno memulai kelas kriya tekstil di SMKN 1 Tamanan, lalu pada tahun 2005 kelas kriya kayu dibangun dan yang terakhir adalah kelas tata busana. Batik esmemka ini menggunakan prinsip “All design all moment”. Batik Esemka sendiri sudah mengikuti berbagai macam pameran seperti Grand City Jakarta, Design Batik di UNEJ tahun 2017 dan mendapatkan juara 2,  dan lomba tingkat Provinsi juara 2 untuk kategori kreatifitas batik.

Selain sebagai sarana belajar untuk siswa siswi SMKN 1 Tamanan, produk batik sendiri diproduksi untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia serta menambah pemasukan ekonomi sekolah sebagai salah satu usaha yang dinauingi oleh SMKN 1 Tamanan. Proses penjualan produk batik bisa dipesan secara langsung ataupun dengan cara via online, pembeli juga dapat memesan batik sesuai dengan permintaan pesanan dan bisa langsung dilakukan proses pembuatan.

Bahan baku pengelolaan batik sendiri didapatkan dipesan dari berbagai kota antara lain Banyuwangi, Bali, dan Solo. Pekerja di sanggar batik ini mencakup beberapa alumni SMKN 1 Tamanan yang telah dipilih dan melakukan kontrak kerja selama 1 tahun, ada juga beberapa warga yang kerap menjadi pekerja di sanggar batik Esemka ini. jam kerja yang dimulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 15.00 sore sesuai dengan deadline pemesanan.

Kalian tertarik dengan cara pembuatan batik ini? Langsung saja yuk datang di sanggar Batik Esemka, kalian dapat mengikuti pembelajaran proses pembuatan batik dengan cara membeli bahan, kain, dan pewarna sendiri loh atau kalian bisa langsung menghubungi Bapak Suyitno selaku guru tekstil disana.

Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang akan datang. Jika kalian memiliki info unik seputar Desa Tamanan, silahkan hubungi admin atau direct message ke akun instagram kami @exploretamanan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*