Rumah Belanda

Setelah berbicara seputar makanan, keunggulan dan keistimewahan Tamanan yang lainnya. Sekarang saatnya kita berbicara mengenai sejarah. Waktu lalu, tim KKN208 Universitas Jember berkesempatan mengunjungi salah satu peninggalan masa penjajahan Belanda yang berada di Desa Tamanan. Berbicara tentang sejarah, Desa Tamanan menyimpan berbagai sejarah yang enggan untuk dilupakan, salah satunya adalah situs peninggalan Belanda yang terletak di Dusun Tamanan Timur.  Tempat ini dulunya adalah sebuah rumah dinas seorang jenderal Belanda yang namanya tidak mau disebutkan. Selepas jenderal tersebut pulang ke Belanda, rumah ini menjadi kosong dan tak berpenghuni.

Kini, rumah ini hanya menjadi bangunan kosong yang terbengkalai. Cukup disayangkan karena rumah yang seharusnya dijaga dan dirawat dengan apik ini justru diabaikan. Banyak masyarakat yang mencuri kusen maupun aksen rumah yang terbuat dari besi maupun kayu jati. Tak hanya itu, di setiap sudut temboknya dipenuhi oleh coretan-coretan kata-kata jorok dengan bahasa madura.

Dengan ini, semoga kita lebih menjaga rumah Belanda ini dari aksi pencurian. Jaga dan lindungi aset desa kita. Mari bersama-sama membangun desa untuk Tamanan yang lebih canggih dan berseri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. [red : kkn208unej]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*